Tak menemukan apa yang anda cari...? Cari saja di Google...

Google

Untuk kritik & Saran Email Saja Ke ( www.masajis.net@gmail.com )

20 Agustus, 2009

Nokia 6790 Surge, Benarkah Versi Murah Dari Nokia N97?

Beberapa waktu lalu Nokia baru saja mengeluarkan Nokia N97 yang berdesain sliding dan dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Kali ini Nokia kembali dengan handphone terbarunya yang juga dilengkapi dengan keyboard QWERTY dan desain sliding. Rumor mengatakan bahwa Nokia 6790 Surge adalah versi murah dari Nokia N97. Walaupun demikian fitur yang terdapat pada Nokia 6790 Surge tidak kalah dengan fitur yang terdapat pada Nokia N97.



Aksesoris didalam kotak penjualan Nokia 6790 Surge :
• Nokia 6790 Surge
• 1 unit charger
• Buku panduan penggunaan manual
• CD Software

Desain



Desain 6790 Surge terlihat kompak untuk untuk ukuran sebuah handphone yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Sayangnya bahan plastik yang digunakan oleh Nokia untuk membuat 6790 Surge terlihat murahan. Tetapi seperti kata pepatah “Don’t Judge Book By Cover”, anda tidak boleh melihat 6790 Surge dari kulit luarnya saja karena fitur yang terdapat didalam 6790 Surge tergolong cukup baik dan dapat diandalkan. Saat kami membandingkan 6790 Surge dengan handphone lainnya yang juga dilengkapi dengan keyboard QWERTY, 6790 Surge menjadi handphone dengan ukuran yang paling tipis diantara pesaingnya. 6790 Surge hadir dengan dimensi 97.5 x 57.9 x 15.5 mm dan berat 123.9 g yang mana membuatnya mudah untuk anda tempatkan pada saku celana anda.




Bagian depan 6790 Surge didominasi oleh layar LCD berukuran 2.4 inchi dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi 240x320 pixel, layar terlihat tidak sebaik layar Nokia N97. Jika anda menggunakan 6790 Surge dibawah sinar matahari langsung anda tidak akan dapat melihat layarnya karena layar terlihat berwarna hitam saat digunakan dibawah sinar matahari.

Pada bagian atas layar terdapat lubang speaker dan logo Nokia. Pada bagian bawah nokia terdapat tombol D-pad, tombol pemutus dan pembuat panggilan serta tombol konteks dan tombol back. Pada bagian kiri D-pad terdapat tombol akses pintas ke menu pesan, main menu, dan browser Media Net. Pada bagian kanan terdapat tombol volume dan tombol shutter kamera. Pada sisi kiri hanya terdapat port microUSB. Pada bagian atas terdapat lubang loudspeaker, jack audio standar 3.5 mm, dan lubang charger. Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 2-megapixel yang tidak dilengkapi dengan lampu flash. Dibalik penutup battery terdapat battery, slot kartu SIM, dan slot microSD.


Tombol D-pad dan tombol akses pintas serta bagian kanan Nokia Surge


Bagian atas dan bagian belakang Nokia Surge yang terdapat kamera, battery, SIM card dan slot microSD

Jika anda membuka sliding 6790 Surge maka keyboard QWERTY akan terlihat. Tombol keyboard berukuran cukup besar namun tidak terdapat jarak antar tombol. Kami tidak mendapatkan masalah saat menggunakan keyboard QWERTY 6790 Surge. Tombol terasa kokoh dan cukup responsif saat kami gunakan. Pada bagian tengah keyboard QWERTY yang juga terdapat tombol alfanumerik terdapat lampu latar yang bersinar dengan baik saat keadaan gelap.


Lampu latar yang dapat bersinar terang dalam keadaan gelap

6790 Surge menggunakan OS Symbian S60 edisi ke-3 FP2 yang mana juga digunakan pada beberapa seri handphone Nokia. Tampilan antar-muka 6790 Surge terlihat seperti tampilan handphone Nokia lainnya dan anda dapat melakukan kustomisasi seperti wallpaper, tema, background dengan mudah pada 6790 Surge. Layar 6790 Surge terlihat tidak sebaik layar Nokia N97 namun ini masih dapat ditoleransi mengingat harganya yang terjangkau. 6790 Surge dilengkapi dengan layar Active Standby yang mana bisa dikustomisasi sesuai dengan menu yang anda inginkan. 6790 Surge sudah dilengkapi dengan akselerometer yang berfungsi dengan responsif saat kami memutar 6790 Surge ke posisi landscape. Karena 6790 Surge termasuk kategori Smart Phone, anda dapat membuka beberapa aplikasi pada 6790 Surge dengan mudah tanpa terasa berat.


Tampilan home screen dan main menu

Walaupun sudah menggunakan OS Symbian, 6790 Surge hanya dapat menyimpan 1000 kontak pada phonebooknya.


Tampilan kontak

6790 Surge dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, dan Email dengan mudah menggunakan keyboard QWERTY yang terdapat pada bagian sliding. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat mengisikan kontent multimedia pada SMS.

6790 Surge juga dilengkapi dengan aplikasi Instant Messaging yang sudah mendukung IM seperti AIM, Windows Live Messenger, dan Yahoo Messenger. Jika sekarang anda sedang ingin membeli handphone yang digunakan untuk mengirim dan menerima email, tidak adalah salahnya anda menabung dari sekarang untuk membeli 6790 Surge karena handphone ini sangat mendukung pengiriman email. Sebelum mengirim dan menerima email anda harus melakukan pengaturan email terlebih dahulu.


Fitur pesan


Layanan IM

6790 Surge sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk melihat dokumen office untuk membuka file Adobe PDF dan file office anda.


Yellowpages dan Adobe PDF

6790 Surge hanya dilengkapi dengan kamera beresolusi 2-megapixel. Walaupun demikian hasil foto terlihat cukup baik untuk sebuah Smart Phone yang mana bukanlah handphone kamera. Hasil kamera terlihat baik pada kondisi pengambilan foto dengan cahaya yang baik. Tetapi jika kondisi cahaya kurang baik hasil foto terlihat buruk karena 6790 Surge tidak dilengkapi dengan lampu flash. Kamera 6790 Surge dapat menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 1600 x 1200 pixel.


Tampilan Viewfinder kamera


Hasil foto diluar ruangan


Hasil foto pada kondisi cahaya terang, sedang, dan redup

Kamera 6790 Surge dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi maksimal 320x240 pixel. Hasil perekaman video terlihat kurang begitu baik dan juga suara audio yang dihasilkan kurang besar.

Sebagai sebuah Smart Phone, 6790 Surge sudah dilengkapi dengan pemutar musik yang cukup baik dan sudah dapat memainkan lagu dengan banyak format. Saat lagu dimainkan maka layar akan menampilkan visualisasi yang dapat menampilkan album art, nama lagu, nama penyanyi, dan durasi waktu. Pemutar musik sudah dilengkapi dengan beberapa pilihan EQ serta fitur untuk melakukan reverse, pause/play, dan forward lagu. Kualitas audio 6790 Surge terdengar kurang baik namun anda dapat menggunakan EQ untuk membuat suara menjadi lebih baik.


Pemutar musik

Untuk memutar video pada 6790 Surge sudah terdapat RealPlayer – yang mana dapat memutar video dengan baik. Pemutar video dapat memutar video dengan format MPEG4 320x240 dan H.264 320x136 dengan baik. Video terlihat halus saat kami mainkan pada layar 6790 Surge.


Pemutar video

Anda bisa membawa 6790 Surge kemanapun bepergian tanpa harus khawatir kehilangan sinyal pada negara tertentu karena 6790 Surge sudah dilengkapi dengan jaringan Quad-band GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan dual-band UMTS (850/1900 MHz). 6790 Surge juga sudah dilengkapi dengan jaringan 3G yang mana membuat browsing menjadi lebih cepat.

6790 Surge menggunakan browser yang sama dengan Nokia E71. Browser 6790 Surge sudah mendukung Flash namun sayangnya tidak dapat digunakan untuk membuka video YouTube. Halaman web dapat ditampilkan dengan baik pada layar 6790 Surge dengan tampilan landscape. Melakukan scrolling pada halaman web sangatlah mudah dengan menggunakan D-pad.


Browsing menggunakan Nokia Surge

Kami tidak mendapatkan masalah saat menggunakan microSD sebesar 8GB.

Performa Panggilan

Kami tidak mendapatkan masalah apapun saat membuat panggilan dan menerima panggilan menggunakan 6790 Surge. Suara lawan bicara kami terdengar baik dan tidak terputus-putus saat kami melakukan panggilan. Saat kami melakukan panggilan Interlokal ke Negara Filipina suara tetap terdengar dengan baik.



6790 Surge mengunakan battery Li-Ion 1500 mAh yang diklaim Nokia dapat bertahan hingga 5 jam waktu bicara dan 400 jam dalam keadaan standby.

Demam handphone yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY tampaknya masih terus akan berlanjut. Nokia kali ini menghadirkan handphone yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY berdesain sliding yang mana biasanya handphone dengan keyboardQWERTY selalu berdesain batangan.


Kelebihan :
• Keyboard QWERTY yang mudah digunakan
• Fungsi Email yang sangat baik

Kelemahan :
• Susah untuk membuat panggilan (anda harus menggunakan tombol alfanumerik yang terdapat pada keyboard QWERTY untuk melakukan panggilan)
• Daya tahan battery kurang baik
• Bahan plastik pembuat handphone yang terlihat murahan

Belum dipastikan kapan Nokia Surge akan masuk ke Indonesia tetapi kemungkinan besar akan masuk sebelum bulan Oktober 2009
















Masukan Email Anda Untuk Berlangganan :

Delivered by masajis.net


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukan Komentar anda Asalkan jangan anonim...

 
Design by Ajis Saputra | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes