Demi memanjakan pelanggan, belakangan operator getol membagikan diskon belanja di beberapa toko. Tapi tak semuanya berjalan mulus.
Pelanggan adalah raja. Begitu Anda menjadi pelanggan salah satu operator, siap-siap saja dimanjakan. Kompetisi yang ketat dan adu strategi pemasaran demi mengakusisi pelanggan, kini menjadi barometer suksesnya sebuah program promosi. Salah satunya menyasar melalui kerja sama program diskon belanja dengan beberapa merchant (toko). Beruntungnya, sebagai pelanggan yang loyal, Anda bisa jadi salah satunya yang rajin menikmati program tersebut.
Lihat saja, tahun lalu, restoran Izzi Pizza sempat kebanjiran pembeli, yang mayoritas adalah pemilik kartu Esia yang dikirimi SMS diskon belanja 50%. Tercatat ada lebih dari 100 ribu pelanggan Esia yang bertransaksi di tempat itu. Kali ini programnya pun berlanjut mulai dari tempat karaoke hingga bengkel mobil.
Kerja sama dengan toko pun dilakoni operator Indosat. Misalnya dengan meluncurkan layanan i-Square sejak tahun lalu, lalu diperbarui lebih lengkap dengan nama i-Square Lounge. Berbeda dengan i-square yang lebih menitikberatkan program diskon atau program khusus melalui kerjasama dengan merchant, i-square lounge menawarkan program dan fasilitas yang lebih lengkap. Bersama dengan merchant kerjasama, layanan ini menyediakan area multifungsi sebagai meeting point, entertainment point, sales point dan service point. Lounge ini diperuntukkan bagi anggota Indosat Community dan Indosat VIP khususnya dan pelanggan Indosat umumnya.
“Fasilitas-fasilitas yang diberikan berupa diskon merchant untuk food & beverage sesuai dengan program, Free Access Wireless Broadband, Free Access Download Content, Nintendo Wii Games, PS 3 Games, Home Theatre, pembelian produk Indosat dan penukaran merchandise dengan poin Program Poin Plus Plus,” jelas Guntur Siboro, Direktur Marketing Indosat.
Lain lagi yang dilakukan Telkomsel. Selain menawarkan program SMS diskon bagi pelanggan loyal mereka, melalui layanan Telkomsel Priority, operator ini juga memberikan layanan mobile wallet atau belanja via ponsel, yakni T-Cash. Layanan serupa juga ditawarkan Indosat, hanya saja merchant yang terlibat masih terbatas.
Sayangnya strategi merengkuh pelanggan melalui kerja sama dengan merchant, baik melalui mobile wallet dan SMS diskon, tidak semuanya berlangsung mulus. Misalnya T-Cash, karena layanannya sendiri baru dimulai, saat diuji coba oleh Selular, pada beberapa merchant, transaksi sering tidak berhasil dilakukan. Operator XL yang sempat menawarkan Klub Vibe yang menggandeng banyak merchant, belakangan programnya dihentikan. “Nanti sembari menunggu konsolidasi produk prepaid dan postpaid XL kelar, program diskon untuk pelanggan akan terintegrasi dengan portal XL, bisa diunduh via web dan wap” imbuh Arief Agus Djunarjanto, Manager Portal Development dan Management XL.
Lalu SMS broadcast yang isinya diskon belanja dari banyak operator pun tidak semuanya ditanggapi positif. “Kalau terlalu sering dikirimi jadinya mengganggu,” ujar salah satu pelanggan operator. Tapi, di luar itu semua, upaya operator demi memanjakan pelanggan setidaknya memudahkan kita dalam memilih tempat belanja. Mau cari restoran yang murah, tinggal sesuaikan saja kartu operatornya.
Sumber : Majalah Selular
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan masukan Komentar anda Asalkan jangan anonim...