Tak menemukan apa yang anda cari...? Cari saja di Google...

Google

Untuk kritik & Saran Email Saja Ke ( www.masajis.net@gmail.com )

17 Juli, 2009

HP iPAQ 912 Business Messenger, Ini Dia PDA Phone Plus Push E-mail

Unit iPAQ 912 yang sekarang dipasarkan mengalami perubahan desain terbilang drastis dibanding unit yang diperlihatkan ke publik pertama kali. Entah kebetulan, garis-garis perak pada desain baru mengingatkan saya pada BlackBerry Bold yang beredar tak lama berselang beredarnya iPAQ 912. Permukaan casing hitam memang mengilap, tapi jejak jemari agak tersamarkan aksen perak di sana-sini.

Pemasangan keyboard Qwerty jelas menunjukkan HP mengincar pemakai yang biasa menggunakan keyboard komputer. Tombol-tombol keyboard yang menonjol membuat kami yang berjempol besar tak gampang terpeleset memencet tombol. Selain navigasi 4-arah bertombol tengah, roda putar (jog dial) di kanan bodi sebelah atas juga bisa dipakai untuk memilih menu. Menu yang sudah dipilih tadi bisa langsung dibuka dengan menekan roda tersebut. Di bawah roda putar ini ada lagi tombol OK; seperti biasa, fungsinya untuk menutup menu atau aplikasi.



Tombol OK lainnya berada di kanan bawah navigasi. Tombol fungsi lainnya yang bisa kita temukan di area ini adalah tombol berlogo Windows yang akan membuka menu Start. Pintasan Calendar dan Messages memang menunjukkan fasilitas yang paling banyak digunakan para pemakai ponsel pintar, namun bagi kami belumlah menunjukkan citra kalangan bisnis sebagaimana terpampang pada namanya. Perhatikan, meski ditandai icon tertentu, jajaran tombol di baris kedua di bawah layar ini dapat diubah setting-nya.



Untuk bertelepon, langsung pencet saja tombol angka yang tersebar di keyboard, lalu pencet tombol Call. Tapi ketika mengetikkan nomor telepon di SMS/MMS, kita harus pencet tombol Fn dulu sebelum memencet tombol angka.

Selain keyboard Qwerty yang merupakan alat input utama, HP juga menyediakan layar sentuh. Tak ada optical mouse seperti Samsung SGH-i780. Yang unik, ketika casing belakang dilepas kita akan temukan stylus melekat di balik casing.

Kamera 3MP terbilang hebat untuk sebuah PDAphone; apalagi lengkap bersandingkan lampu kilat dan cermin. Tombol kamera di kanan bodi mudah dijangkau. Foto bisa diambil dengan resolusi maksimal 3M (2048x1536). Ada setting Capture Mode (Normal, Timer, Burst, Panorama Horizontal, Panorama Vertical) dan Photo Quality (Low, Normal, High) untuk pemotretan. Video (termasuk suara) hanya bisa direkam dalam format H.263 dan dengan resolusi maksimal QVGA (320x240). Setting lain yang tersedia untuk kamera adalah White Balance. HP memberi bonus HP Photosmart Mobile dan HP PrintSmart Mobile.

Speaker di kanan kamera pun lumayan nyaring untuk ukuran PDAphone. Tombol volume 2-arah bisa ditemukan di kiri bodi sebelah atas. iPAQ 912 diperkuat Audio untuk pengolah suara. Dekat tombol volume ada tombol Voice Command.

HP iPAQ 912 pun sudah memakai Windows Mobile 6.1 Professional. Sekedar mengingatkan, dengan sistem operasi ini kita mendapatkan antara lain OneNote di Office Mobile, Encryption untuk MicroSD dan threaded SMS di Messages. Selain dengan mencolok Reset yang ada di atas bodi, kita juga bisa melakukan (hard) reset secara software dengan Factory Recovery.

Peranti ini dilengkapi GPS buatan Qualcomm. HP pun menambahkan External GPS yang bisa dipakai untuk memakai asesori GPS tambahan; port-nya ada di atas bodi, berpenutup berbahan karet. Kami tak melihat adanya peta GPS berbayar buatan pihak ketiga. Agaknya ini tergantung kebijakan HP di masing-masing negara. Tapi kami melihat ada Google Maps. GPS Position Accelerator lumayan membantu proses "penjemuran". Akurasi pun jadi lebih baik.


Setting operator sudah disiapkan dan tinggal dipilih di HP iPAQ DataConnect. Kemampuan 3G di iPAQ 912 tak bisa dipakai untuk bervideo call; hanya untuk internet. Bagi sebagian orang, hal ini cukup disayangkan.

Fasilitas yang juga perlu diperhatikan adalah storage dan konektivitas. Slot MicroSD di kiri bodi tentu mudah dijangkau. Demikian pula port USB mini yang bersebelahan dengannya. Keduanya dilengkapi penutup berbahan karet. Port USB ini dipakai bersama untuk isi ulang batere, transer data via kabel, maupun headset.



Pada menu di layar terdapat ikon temperatur baterai yang akan tampil jika baterai dalam keadaan suhu tinggi. Ini sangat berguna agar kita bisa mengistirahatkan peranti saat baterainya panas akibat penggunaan yang intensif.

Untuk pasar Indonesia, Business Messenger ini diperkuat dengan kerja sama dengan XL dan Infinys System. Pembeli produk ini mendapat program layanan 3G HSDPA gratis selama 1 tahun dengan kuota 250MB per bulan. Pembeli juga mendapatkan nomor cantik senilai 2 juta rupiah yang diberikan gratis. Masih ditambah juga hak atas program Free Talk sejak jam 8 malam sampai 8 pagi di hari biasa dan 24 jam penuh di akhir pekan.

Dari Infinys System, produk ini diperkaya dengan aplikasi push e-mail berbasis teknologi Microsotf Exchange Server 2007. Dengan fitur ini, kehadiran iPAQ 912 diharapkan dapat bersaing dengan gempuran Blackberry yang sedang ganas. Malah pada teknologi PUSH yang dikembangkan Infinys, disertai dengan fitur tambahan untuk sinkronisasi kontak, share kalender, dan pendelegasian tugas.


Plus : paket HSDPA dan push e-mail, GPS, Windows Mobile 6.1 Professional

Minus : tidak bisa video call

Spesifikasi HP iPAQ 912 Business Messenger

Rilis

September 2008

Harga

Kisaran US$549

Jaringan

GSM quadband, UMTS, HSDPA

Bentuk

Bar

Dimensi

114x66x17 mm

Bobot

148 gram

Batere

Li-Polymer 3.7V 1940mAh

Waktu siaga

-

Waktu bicara

-

Layar

2.48 inci, TFT, 320x240 pixel, 65 ribu warna

Memori internal

116.80MB (RAM 128MB, flash ROM 256MB)

Memori tambahan

MicroSD

Konektivitas antar peranti

USB mini, Bluetooth 2.0 dengan EDR, WiFi

Konektivitas internet

3G

Kamera

3MP, lampu, cermin

Sistem Operasi

Windows Mobile 6.1 Professional

Prosesor

ARM920T PXA27x 416MHz

Aplikasi

ClearVue PDF, HP iPAQ GPS QK Position, HP iPAQ Tips, HP PrintSmart Mobile, Internet Sharing, Remote Desktop Mobile, SUN Java, HP Photosmart Mobile, HP Help and Support, Google Search, Google Maps, HP Asset Viewer, HP CertEnroller, HP iPAQ DataConnect

Isi paket

Charger, headset, manual



Dengan kata lain…
Hadir pada saat yang berat, ketika pasar di kelas ini sedang demam Blackberry. Namun paket penjualannya yang dilengkapi HSDPA dan push e-mail cukup menarik hati.












Masukan Email Anda Untuk Berlangganan :

Delivered by masajis.net


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukan Komentar anda Asalkan jangan anonim...

 
Design by Ajis Saputra | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes